Inilah 6 Sayuran yang Mengandung Vitamin E

Inilah 6 Sayuran Yang Mengandung Vitamin E
Inilah 6 Sayuran Yang Mengandung Vitamin E

MONITORNUSANTARA.COM, Jakarta,- Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Ada beragam jenis sayuran yang mengandung vitamin E dan mudah diperoleh. Dengan begitu, Anda tidak lagi bingung untuk memenuhi asupan vitamin ini setiap harinya.

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang penting bagi tubuh. Vitamin ini bersifat antioksidan, sehingga mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

Kebutuhan vitamin E tiap orang berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, secara umum, orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per hari.

Sebagaimana dilansir dari Alodokter.com, Untuk mencukupi kebutuhannya, Anda bisa mendapatkan melalui konsumsi makanan tinggi vitamin E seperti kacang-kacangan, buah, dan aneka sayuran.

Beragam Sayuran yang Mengandung Vitamin E

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin E dan mudah ditemukan, yaitu:

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin E. Di dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 4 mg vitamin E. Selain mengandung vitamin ini, bayam juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium.

Untuk mendapatkan kandungan nutrisi dari sayuran ini, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, ditumis, hingga diolah menjadi jus atau smoothies.

2. Paprika merah

Paprika merah berukuran sedang atau setara 100 mg mengandung sekitar 1,6 mg vitamin E. Kandungan vitamin E dalam paprika ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan otot tubuh. Selain mengandung vitamin E, paprika juga mengandung beragam nutrisi lain seperti kalium, vitamin A, dan fosfor.

3. Daun lobak

Daun lobak cukup asing bagi sebagian orang. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin E cukup melimpah. Faktanya, di dalam 100 gram daun lobak mengandung sekitar 2,9 mg vitamin E.

Tak hanya itu, daun lobak juga mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Oleh karena itu, daun ini bisa menjadi pilihan makanan untuk diet, karena serat dianggap dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mampu membakar lemak berlebih.

4. Brokoli

Brokoli termasuk dalam sayuran hijau yang mengandung vitamin E tinggi. Dalam 100 gram brokoli, Anda bisa mendapatkan sekitar 1,5 mg vitamin E. Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium dan vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta meningkatkan kepadatan tulang.

5. Wortel

Wortel juga tergolong salah satu sayuran yang mengandung vitamin E di dalamnya. Meski kandungan vitamin E di dalamnya memang tidak banyak, tetapi manfaat wortel untuk kesehatan tubuh tidak bisa dianggap sepele.

Pasalnya, di dalam wortel terdapat vitamin A yang baik untuk mejaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin, kerusakan mata pun dapat dicegah.

6. Asparagus

Asparagus dikenal sebagai salah satu sayuran tinggi nutrisi, karena beragam kandungan di dalamnya seperti fosfor, kalium, dan serat. Bahkan, sayuran ini mengandung sekitar 1,5 mg vitamin E di setiap 100 gramnya.

Selain itu, mengonsumsi asparagus diduga dapat mencegah dan mengatasi sembelit karena kandungan serat yang cukup tinggi.

Mengonsumsi beragam sayuran yang mengandung vitamin E memang baik untuk tubuh. Namun, untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian, Anda juga perlu mengonsumsi jenis makanan lainnya, seperti buah dan kacang-kacangan.

Meski jarang terjadi, kekurangan asupan vitamin E berisiko menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi saraf dan otot.

Selain memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi beragam sayuran yang mengandung vitamin E, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu untuk menentukan dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.(*tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.