Menu
Informasi dan Referensi Soal Indonesia Terpercaya

Pertiwi Indonesia, Dulu Kawal Jokowi Sekarang Bantu Wabah Corona

  • Bagikan

EDITOR.ID, Jakarta,- Pertiwi Indonesia ganti arah perjuangan. Salah satu relawan yang didirikan Putri K Wardhani untuk mendukung Joko Widodo dalam Pilpres kemarin itu kini berkiprah di bidang kemanusiaan. Komunitas yang didirikan para perempuan mandiri ini akan menggugah setiap kalangan bersama-sama ikut berbuat sesuatu disaat bangsa ini menghadapi wabah Covid-19.

Relawan Pertiwi Indonesia Sedang Menyerahkan Bantuan APD kepada Tim Medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (Dok Pertiwi Indonesia)

Sebagai wujud nyata ikut peduli dengan kondisi Indonesia yang sedang ditimpa wabah Corona, Pertiwi menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang sedang berjibaku menyelamatkan nyawa pasien yang terinfeksi virus Corona.

Komunitas perempuan yang ingin meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang mandiri dan berwawasan kebangsaan itu menilai APD merupakan bantuan tepat guna bagi tenaga medis di Indonesia. Sebagaimana diketahui, seluruh pasien positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 diisolasi.

Tanpa ada APD, petugas medis tidak akan bisa masuk ke ruang isolasi dan merawat pasien. APD juga sangat penting bagi tenaga medis lantaran bisa melindungi diri mereka dari paparan virus corona. Dengan demikian, tenaga medis bisa bekerja maksimal untuk kesembuhan pasien sekaligus menjaga diri dan keluarganya.

Ketua Harian Pertiwi Indonesia, Shinta Omar mengatakan, APD saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Mereka adalah garda terdepan dan benteng terakhir dalam penanganan serta penanggulanan bencana non alam Covid-19 di Indonesia.

“Kami menyalurkan bantuan APD dari para donatur untuk rumah sakit dan puskesmas. Bantuan tersebut semoga bermanfaat untuk melindung tenaga medis kita yang tengah berjuang menanggulangi Covid-19,” katanya, Minggu (5/4/2020).

Ia menyebut ada 17 rumah sakit dan 7 puskesmas dan klinik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonsia. Rinciannya

  1. RSPAD Gatot Soebroto
  2. RSKD Duren sawit
  3. RSUD Pasar Minggu
  4. RS Fatmawati
  5. RS Persahabatan
  6. RS Karya Medika Bekasi
  7. RS St Elisabeth Bekasi
  8. RS Ulin Banjarmasin
  9. RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau Kalimantan Barat
  10. RSUD Soe Kapubaten Timor Tengah Selatan NTT
  11. RSUD Cibinong Bogor
  12. Smile Dentist, Pancoran
  13. RS Cikini
  14. RSUI, Depok
  15. RS Omni Alam Sutra
  16. RS. Graha Permata Ibu Depok

Puskemas dan Klinik
1. Puskesmas kelurahan kota Bambu Utara Jakarta Barat
2. Puskesmas Bala Raja Cibodas Tangsel
3. Puskesmas Bambu Apus Pamulang Tangsel
4. Klinik Cahaya Murni Moh Kafi Jaksel
5. Puskemas Harjamukti Cimanggis Depok
6. Puskemas Kepil 2 Wonosobo Jawa Tengah
7. Puskesmas Kelurahan Pedurenan, Kec. Karang Tengah, Tangerang.

Sementara Ketua Bidang Kemanusiaan Pertiwi Indonesia Fara Siahaan menambahkan, mereka yang menerima bantuan tersebut berterimakasih pada Pertiwi dan donatur. Menurutnya tenaga medis saat ini adalah pahlawan kemanusiaan.

Oleh karena itu, semua pihak harus bergerak bersama mendukung pemerintah dan tenaga medis yang tengah berjuang melawan Covid-19.

“Terima kasih sudah mencarikan APD dan kebutuhan lainnya yg diperlukan RS. Kurang ini itu. Bisa dibilan kami dibantu cari, gratis. Ini benar-benar meringankan beban kami pekerja garda terdepan. Karena tanpa APD jujur kami pun takut tertular,” kata Fara menirukan ucapan salah satu tenaga medis yang menerima bantuan APD dari Pertiwi Indonesia. (tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *