Hari ini Ultah Kepala BPN Hadi Tjahjanto Dapat Ucapan Selamat dari Sahabat Dekatnya Asri Hadi

Jakarta, MONITORNUSANTARA.COM,- Hari ini menjadi hari istimewa bagi Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. Sosok jenderal santun yang suka membantu banyak orang itu genap berusia 59 tahun. Saat ini Hadi Tjahjanto dipercaya Presiden Joko Widodo memegang amanah menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Baca juga artikel berita ini dengan judul “Kepala BPN Hadi Tjahjanto Hari ini Ulang Tahun, Dapat Ucapan Selamat dari Sahabat Dekatnya Asri Hadi” di Editor.id

Pagi-pagi sekali Panglima TNI 2017-2021 itu langsung mendapatkan ucapan Selamat Ulang Tahun yang ke-59 dari sahabat dekatnya Drs Asri Hadi MA.

“Selamat hari ulangtahun semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menganugerahkan kesehatan, umur panjang, tambah sukses dan kebahagiaan bersama keluarga serta sukses dalam menjalankan tugas,” ujar Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) Asri Hadi langsung ke ponsel pribadi Hadi Tjahjanto Selasa (8/11/2022) pagi ini.

Asri Hadi yang kini aktif sebagai jurnalis yang juga seorang dosen adalah sahabat lama
Hadi Tjahjanto. Asri Hadi masih sering berkomunikasi dengan Hadi Tjahjanto bertukar pikiran dan berdiskusi ringan sebagai sahabat.

“Beliau adalah jenderal yang sukses mengemban amanah dari Presiden dan negara, kini jiwa dan raganya kembali dibutuhkan negara untuk memimpin kantor Kementrian Agraria Badan Pertahanan Nasional, dan beliau mampu menjalankan tugas dengan baik,” ujar Asri Hadi.

Kedekatan Asri Hadi dengan Hadi Tjahjanto, dimulai saat itu Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara. Di momen MATRA Award yang dilaksanakan di Hotel Sari Pan Pasific.

“Semoga senantiasa sehat wal afiat, bahagia bersama keluarga tetap amanah dalam tugas,” ujar Asri Hadi menegaskan kembali.

“Diberikan usia dan rezeki yang barokah, selalu dalam lindungan Alllah SWT.”

Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara. Karir pria kelahiran Malang, Jawa Timur pada 8 November 1963 itu terbilang moncer. Berbagai posisi strategis di TNI pernah di embannya. Hingga menduduki posisi tertinggi sebagai Panglima TNI.

Profil Hadi Tjahjanto

Sosoknya kalem namun tegas dalam memimpin lembaga. Marsekal Purn Hadi Tjahjanto dikenal sebagai jenderal yang cepat mengambil keputusan strategis dan kerap apa yang diputuskannya tepat. Karena Hadi Tjahjanto sejak muda sudah dikenal sebagai sosok cerdas, berani mengambil keputusan dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Karir militernya melejit manakala ia dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI. Bahkan mesti sudah purnawira, tenaga Hadi Tjahjanto masih dibutuhkan Presiden Jokowi untuk membantunya dalam melayani masyarakat.

Hadi Tjahjanto dipercaya menjadi Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok NTB beberapa waktu silam. Memegang tanggung jawab pelaksanaan acara besar tingkat dunia, Acara tersebut aman terkendali, lancar tak terjadi gangguan apapun. Semua penonton yang menyaksikan bisa menikmati balapan dan pulang dalam keadaan bahagia.

Keberhasilan ini juga menjadi kredit poin Hadi Tjahjanto dimata Presiden Jokowi. Tak lama setelah itu tepatnya pada Rabu 15 Juni 2022, Presiden Jokowi mengangkatnya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Kepresidenan.

Arek Malang kelahiran 8 November 1963 tersebut menggantikan menteri sebelumnya Sofyan Djalil. Hadi merupakan menteri pertama Jokowi yang berlatar belakang TNI AU.

Dengan posisi baru ini, Hadi pun kembali ke lingkar pemerintahan setelah sebelumnya ia menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purna tugas.

Suami dari Ny. Nanik Istumawati dan ayah dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan suka membantu sesama.

Perjalanan karier Hadi Tjahjanto hingga mencapai puncak kepemimpinan TNI pun tidak hadir begitu saja tanpa prestasi. Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1986 dan menyelesaikan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987.

Karier pertama Hadi Tjahjanto adalah sebagai pilot pesawat angkut Cassa di Skuadron Udara 4. Kariernya terus meningkat mulai dari kepala seksi latihan, komandan flight ops, instruktur penerbangan Lanud Adi Sucipto.

Hingga akhirnya pada 2010-2011, Hadi dipercaya mengemban posisi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Setahun kemudian, dia menjabat tugas di luar TNI AU menjadi Perwira Bantuan I/Rencana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara.

Dua tahun setelah itu, Hadi berpangkat Kolonel dan dipercaya menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional.

Dua bulan kemudian menjabat Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) pada 2013-2015.

Pada 2016, Hadi kembali memegang tongkat komando sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Tak berhenti sampai di situ, Hadi kemudian ditugasi menjadi Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo (Sesmilpres) dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda pada 2015-2016. Dan kemudian dilantik Irjen Kementerian Pertahanan pada Oktober 2016.

Tiga bulan setelahnya karier pria lulusan SMAN 1 Lawang, Malang tersebut semakin mentereng dengan penunjukkannya menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, tepatnya pada 18 Januari 2017 menggantikan Agus Supriatna.

Pada tahun yang sama, Hadi kemudian mengemban posisi tertinggi di TNI sekaligus menjadi puncak karier militernya, yakni sebagai Panglima TNI ke-20. Ia mengemban posisi ini sejak 2017-2021. (tim)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *