MONITORNUSANTARA.COM, Jakarta,- Warga jagat maya dihebohkan dengan kebakaran yang terjadi di wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Kebakaran yang terjadi sejak pukul 21.00 WIB pada Minggu (24/4/2022) hingga malam ini api belum sepenuhnya padam.
Sebagaimana dilansir CNN Indonesia, kebakaran pasar Gembrong pun riuh rendah menjadi perbincangan kalangan netizen di dunia maya. Hal ini membuat kabar terbakarnya pasar Gembrong menjadi trending topik di akun media sosial twitter.

Wilayah itu diketahui dengan titik kenal sebagai Pasar Gembrong yang populer di kalangan masyarakat Jakarta dan sekitarnya sebagai tempat penjualan mainan.

Kata ‘Pasar gembrong’ pun masuk menjadi jajaran trending topic yang dibahas netizen di Indonesia pada tengah malam ini.

Umumnya para netizen ada yang menyampaikan duka, ada yang melaporkan kondisi terkini penanggulangan kebakaran di kawasan tersebut, dan ada juga yang menampilkan kondisi lalu lintas sekitar.

Misalnya akun @maulidamhrn yang mengabarkan pada pukul 00.06, ‘kebakaran pasar gembrong jakarta timur, terpantau dari jarak 750m api masih besar banget.’

Atau akun @YareY4r3Daze yang mereply akun @mazzini yang menunjukkan rekaman viral kebakaran di Pasar Gembrong dari lokasi tinggi. Dari rekaman itu terdengar letusan dan percikan petasan dan kembang api.

“Rekaman ini bisa didengar letusan, dan dilihat percikan dari petasan dan kembang api, yang memang banyak dijajakan di pasar gembrong,” kata akun tersebut.

Atau akun @nrdilaahh yang mendoakan agar kebakaran pasar gembrong cepat padam.

Akun Rizky Wisnoentoro @RWPhD mencuit An area with densed population (mostly poor) in around Cipinang Besar Selatan, East Jakarta, Indonesia.. sad to see this.. in 2002, I conducted my field research on street children there.. hope that everyone is safe..

Akun Maudy Asmara @Mdy_Asmara1701 mencuit barusan lewat Pasar Gembrong, apinya gede banget. plus macet parah, damkar kesulitan masuk lokasi. Semoga tidak ada korban jiwa dan api segera padam 🙏

Sebelumnya, aparat menerima laporan kebakaran yang terjadi di sebuah rumah lalu membesar itu sekitar pukul 21.06 WIB.

Lokasi kebakaran itu tepatnya berada di Jalan Jendral Basuki Rahmat, RW 010, Kelurahan Cipinang Besar Utara.

“Terjadi kebakaran pada bangunan rumah dan kios pkl. 21.06 di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 8 RW 10 (titik kenal Pasar Gembrong) Kel. Cipinang Besar Utara, Kec. Jatinegara Jaktim,” demikian dikutip dari akun twitter @humasjakfire pada pukul 22.11 lalu.

Berdasarkan keterangan yang diterima, semula dikerahkan empat kendaraan pemadam kebakaran ke lokasi. Belakangan, mengutip dari akun Twitter TMC Polda Metro, jumlah unit yang dikerahkan per pukul 21.45 WIB sudah mencapai puluhan unit.

Hal tersebut terungkap lewat unggahan akun @humasjakfire sebelum tengah malam ini.

“Pengerahan sudah 25 unit mobil pemadam kebakaran,” demikian dikutip pada unggahan pukul 22.54 WIB.

Akun resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta itu mengimbau pengguna jalan agar menghindari lokasi sekitar titik kebakaran yang tak jauh dari kawasan Basura tersebut.

“Lalu lintas terpantau padat,” pesannya.

Selain itu, mereka juga mengimbau masyarakat sekitar lokasi agar menyerahkan sepenuhnya pada petugas yang sedang bertugas.

“Agar proses pemadaman berjalan dengan baik dan cepat. Jangan membuat gaduh, rusuh ataupun membuat sesuatu yang menghambat kerja petugas di TKP,” demikian dilaporkan. (tim)

Artikel ini telah tayang di

EDITOR.ID   dengan judul

https://editor.id/kebakaran-pasar-gembrong-gegerkan-warga-dunia-maya-malam-ini/

 

Ikuti MONITORNusantara.com di Google News

Sempatkan juga membaca artikel menarik lainnya, di portal berita EDITOR.id dan MediaSosialita.com